Perahu saya melayang diatas air?






Di tengah kegabutan hari minggu kali ini, saya coba menyortir foto-foto lama di handphone dan juga di laptop. Tanpa sengaja saja, saya seperti menemukan beberapa foto terbaik dari perjalanan tahun 2016 lalu. Sekian lama menimbang sepertinya cerita mendayung-dayung di pantai beralaskan kaca dua tahun lalu inilah yang lolos skrining layak dinarasikan.

Pantai pertama yang saya kunjungi ketika saya menetap di Ternate, Maluku Utara adalah Pantai Sulamadaha. Pantai yang terletak di desa Sulamadaha ini berjarak sekitar 12 km dari Ternate dan dapat ditempuh sekitar 30 menit saja menggunakan motor. Pantai yang berbentuk teluk ini pun merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun luar. Disamping karena pantai ini masih terlihat alami dan asri, pantai inipun lebih terkenal karena tingkat kejernihan airnya yang terbukti berhasil membuat saya betah berlama-lama memandangi air dengan takjub. Saya lebih senang menyebut pantai ini, si pantai aquarium saking takjubnya karena bisa melihat ikan seliweran kesana-kemari, karang, bahkan bulu babi bertebaran berenang-renang kesana kemari pun bisa saya lihat dengan sangat jelas.


Tentu saja tidak hanya keindahan dasar laut yang bisa saya lihat. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai sulamadaha ini, diantaranya anda bisa saja hanya menikmati keindahan dengan damai di warung- warung diatas air sambil menikmati es kelapa muda atau pisang goreng khas sana. Selain itu juga, anda bisa mencoba mendayung-dayung dengan menyewa perahu milik warga dengan harga terjangkau sekitar 50k saja. Kegiatan lainnya seperti Snorkeling, Diving, bahkan menaiki banana boat pun bisa menjadi pilihan bagi anda yang sangat menyukai tantangan.

Di kesempatan pertama kala itu, saya hanya mencoba berdayung bersama dua teman saya dari Makassar. Benar-benar hal yang mengasyikan karena saya bisa menikmati langsung sensasi mendayung di atas air bening yang eksotis sekaligus menikmati keindahan dasar pantai yang indah. Lalu, di kali kedua kesana saya berkesempatan mengantar teman dari Jakarta untuk snorkeling di Sulamadaha. Sayang sekali saya masih belum berani terjun ke dasar laut untuk melihat langsung keindahan di bawah laut saat itu. Jadi saya belum bisa share bagaimana sensasi snorkeling di Pantai Sulamadaha yang super jernih. Semoga saja di kesempatan ketiga kelak, saya berani snorkeling dan berenang-renang dengan ikan disana.

Comments

Popular Posts