Epic-nya si Pohon Duras di Pok Tunggal!



Kali ini saya akan mengulas mengenai perjalanan menuju salah satu pantai hits dikarenakan keberadaan satu pohon kokoh yang bernama pohon Duras.  Berdasarkan nama nya sendiri, kita bisa langsung tahu bahwa pantai pok tunggal ini berarti pohon yang sendiri /hanya ada satu (Pok itu pohon, sedangkan tunggal artinya sendiri).

Jika ditinjau dari lokasinya sendiri, pok tunggal ini terletak di daerah wonosari dan berjarak sekitar 2 jam dari pusat Yogyakarta. Aksesnya pun sudah amat bagus dan bisa dijangkau kendaraan baik motor, mobil bahkan bis. Saya sendiri, saat itu menggunakan motor karena alasan fleksibilitas dan efektifitas waktu yang dimiliki tidaklah banyak ditambah harus sedikit ber macet-macet ria karena banyak sekali bis parawisata yang hendak menuju pantai-pantai lain sepanjang jalan (Pantai di daerah wonosari ini berderet sepanjang jalan, dari mulai Pantai Baron, Krakal, Kukup, Drini, Indrayanti, Sadranan, Pantai Panjang, dll). Pada awalnya, Saya hanya berniat mengunjungi pantai Sadranan yang juga tengah hits di dunia per-instagraman. Namun, ketika datang kesana ternyata pantai tersebut lebih cocok disebut lautan manusia, karena penuh oleh orang yang tengah berlibur kebetulan saat itu memang libur panjang (Nasib para pekerja yang cuman bisa liburan di HARPITNAS aja).


Jarak dari pantai Sadranan menuju Pok tunggal tidak lah jauh, hanya tinggal lurus saja mengikuti jalan raya hingga adanya plang penunjuk arah di sebelah kanan jalan menuju pok tunggal, baru lah perjalanan ini terasa sedikit terjal karena mulai melewati jalanan sempit dan juga berbatuan kapur. Namun, setelah tiba di pantai pok tunggal yang penuh kedamaian ini, semua lelah dari perjuangan tadi menguap begitu saja. Yang paling kontras terlihat adalah keindahan bukit di sebelah timur dan barat pantai yang masih asri di padukan dengan deretan payung berwarna-warni yang membuat si pantai berpasir putih ini semakin eksotis.

Jika Sadranan menawarkan fasilitas snorkling, maka pok tunggal pun tak kalah menawarkan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, diantaranya;
1.       Berjemur dibawah payung-payung yang telah disediakan ataupun tenda dome, ada beberapa warga yang juga menyediakan penyewaan tikar/tenda dengan harga sekitar 25000-50000 saja. jika anda ingin menghabiskan waktu berjemur dengan santai ditemani suara deburan ombak pok tunggal yang tenang (dibandingkan Sadranan) ataupun hanya ingin bermain pasir dan bermain bola di pinggiran pantai saja tentu bisa anda lakukan disini.

2.       Tracking ke bukit di kanan dan kiri pantai, yang saya lihat di sebelah kanan pantai (Barat) ada bukit yang diatasnya telah  disediakan gazebo-gazebo beratap. Saya yakin, pemandangan dari atas sini akan semakin poll indahnya (super recommended) tapi menuju atas tentunya anda harus tracking dulu yaaaaa… dan sebagai informasi disini pun masih ada monyet-monyet liar di perbukitan nya meskipun saya tidak melihat secara langsung.

3.       Sewa Hammock atau Camping. Jadi anda Team Hammocking or Camping??? Anda tinggal pilih saja yaaa..
4.       SUNSET!!! Yang satu ini adalah salah satu hal wajib yang harus anda lakukan jika datang ke pok tunggal karena sunset seeing disini betul-betul indah, super-duper indah, eksotis,dan pecaaaaah pokoknya ditambah adanya satu pohon duras yang membuat suasana bertambah lebih epic !!

Untuk toilet, mushola dan parkiran pun sudah tersedia dengan baik disini. Oh iya untuk tiket masuknya ke pantai ini hanya sekitar 10.000 saja. Nah, jadi sekian dulu ulasan soal pok tunggalnya. Kalo punya niat main kesini, pilih bulan yang bukan musim hujan ya, supaya sunsetnya lebih eksotis dan jangan lupa pake sunblock soalnya pulang dari sini saya jadi lebih tanned, tidak hanya pok tunggal yang eksotis tapi kulit saya pun ikut berubah lebih eksotis :D

Comments

Popular Posts